Dinkes Buka Layanan Pengaduan Online

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puluhan Tenaga Kesehatan Serbu Hotel Sutanraja Amurang
October 14, 2017
Terkait Penanganan Pasien, Ini Jawaban Direktur RSUD Amurang
February 1, 2018

Dinkes Buka Layanan Pengaduan Online

Untuk Menjamin kepuasan masyarakat dalam pelayanan kesehatan, kini Dinas Kesehatan melalui Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) membuka Layanan Pengaduan Masyarakat terhadap pelayanan kesehatan baik di Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik maupun sarana pelayanan kesehatan secara online melalui :

  1. Short Message Service (SMS) ke Nomor 082187777219
  2. Surat Elektronik (e-mail) : keluhanyankesminsel@gmail.com
  3. messenger pada akun Facebook : Yankes Minsel

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Selatan dr. Ternie Paruntu menegaskan bahwa kebijakan ini merupakan instruksi Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu untuk meningkatkan pengawasan dan pelayanan bagi masyarakat agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang maksimal dan menghindari terjadinya kecurangan dalam pengelolaan keuangan serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Untuk Laporan agar mencantumkan :

  1. Nama Pelapor
  2. Nama Pasien
  3. Lokasi Kejadian
  4. Permasalahan
  5. Bukti-bukti (foto, rekaman dll)

Lebih jauh Ternie menjelaskan bahwa sarana ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk memberikan laporan terhadap pelayanan di fasilitas kesehatan baik milik Pemerintah maupun Swasta termasuk pelayanan oleh Dokter Praktek. Para petugas kesehatan juga dapat mengirimkan laporan bila ada indikasi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan baik dana BOK maupun JKN. Tidak perlu takut untuk melapor karena nama pelapor akan kami rahasiakan demi kemajuan pelayanan bagi masyarakat. Semua Laporan akan kami tindak lanjuti. Masyarakat juga saya harap dapat proaktif dalam membantu kami demi kenyamanan bersama. Untuk sementara pelayanan ini kami buka pada jam kerja dan alangkah lebih baik lagi bila laporan tersebut disertai dengan bukti-bukti agar supaya lebih mudah untuk proses tindaklanjutnya pungkas Ternie mengakhiri pembicaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *